Hari Buku Internasional 2020

Dalam rangka memperingati Hari Buku Internasional 2020 atau World Book Day 2020, pustakawan Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro mengandakan kegiatan siaran langsung lewat akun sosial media instagram. Selain untuk memperingati hari buku internasional, juga untuk memotivasi pengikut sosial media instagram untuk gemar membaca serta sebagai eksistensi para pustakawan dalam medukung program Work From Home sesuai dengan Surat Edaran Rektor No.011/B.21/UDN-01/III/2020 mengenai perpanjangan kuliah online karena COVID-19 hingga 30 April 2020.

Dikarenakan adanya pandemi COVID-19, para pustakawan melakukan siaran langsung dari rumah masing-masing dengan alat seadanya. Siaran langsung ini diadakan selama 7 hari, mulai hari Kamis, 23 April 2020 hingga Kamis, 30 April 2020 (kecuali hari Minggu, 26 April 2020) di akun sosial media instagram @dinuslib.

Di hari pertama ada Rere (@viorishre) yang membahas mengenai buku favorit dan juga buku yang sedang dibaca, yaitu berjudul: Semesta Kami karya Donbosco Wonosobo; #88 Love Life karya Diana Rikasari; dan Sapiens karya Yuval Noal Harari. Pada siaran langsung di hari pertama, Rere berkolaborasi dengan Muh. Arifuddin yang merupakan salah satu dosen di Universitas Negeri Surabaya.

Pada hari ke-dua ada Muthik (@marmuth) yang membahas mengenai buku favoritnya yang berjudul Kasta karya Witri Prasetyo Aji. Di hari ke-tiga ada Aan (@ace_vaa) yang membahas mengenai buku yang sedang dibacanya berjudul Looking for Information karya Donald O Case dan Lisa M. Given. Di hari ke-empat ada Fatma (@kurniafatmapratiwi) yang membahas mengenai buku berjudul Halimun, Seberkas Cahaya di Tanah Dayak karya Rina T.H.

Pada hari ke-lima ada Nova (@novacaturr) yang membahas buku dengan judul Happiness Inside karya Gobind Vashdev. Di hari ke-enam ada Helty (@helty02) yang membahas mengenai buku berjudul Terjemah Tanbihul Ghofilin: Peringatan Bagi Orang-Orang Yang Lupa karya Abu Laits As Samarqandi. Dan di hari terkahir atau hari ke-tujuh ada Ulul (@ulul_91) yang membahas buku dengan judul Psikologi Sosial karya Achmadi dan David O. Sear.

Siaran langsung selama 7 hari tersebut nantinya akan diunggah ke Youtube Channel Perpustakaan UDINUS, agar dapat dilihat kembali oleh pengikut sosial media atau ditonton oleh pemustaka yang belum sempat menonton siaran langsung dari para pustakawan.

Penulis : Muthik Humaida

Leave a Reply

Your email address will not be published.