Promosi perpustakaan melalui media sosial di perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Promosi merupakan bagian dari layanan perpustakaan yang bertujuan untuk mengkomunikasikan sumber-sumber informasi yang tersedia baik koleksi digital maupun koleksi non-digital kepada  seluruh anggota perpustakaan. Maka perkembangan layanan perpustakaan harus terus beradaptasi dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.    

Untuk itu perpustakaan sendiri harus mampu mengkomunikasikan berbagai layanan, kegiatan, koleksi buku, dan fasilitas kepada para penggunanya. Promosi adalah bagian dari kegiatan pemasaran perpustakan (Library Marketing). Dengan  dilakukannya kegiatan promosi  perpustakaan para pengguna paham apa saja layanan fasilitas yang ada di perpustakan dan informasi, apa saja yang didapat saat berkunjung ke perpustakaan. Kegiatan dilakukannya promosi sendiri bersifat mengajak para pengguna untuk lebih dekat dengan perpustakaan. Pengguna perpustakaan zaman sekarang, generasi yang lahir dan tumbuh dalam perkembangan kecanggihan teknologi dan informasi sehingga disebut dengan Net Generation. Maka pihak perpustakaan harus menyesuaikan desain promosi perpustakaan terhadap karakteristik Net Generation sebagai pengguna perpustakaan.      

Karakteristik para Net Generation ini tidak menyukai aturan yang mengekangnya, dan cenderung bebas melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Promosi perpustakaan yang dilakukan oleh pustakawan harus dikemas semenarik mungkin sesuai zaman mereka dan tidak ada paksaannya. Maka pustakawan harus mengetahui media apa saja yang sering digunakan anak milenial zaman sekarang. Di perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro sendiri  memiliki media sosial untuk melalukan kegiatan promosi yaitu seperti  Instagram, Twitter, Facebook, dan Youtube.

Referensi :    

Leave a Reply

Your email address will not be published.