Harapan Pemustaka Untuk Dinuslib

Pada artikel sebelumnya, kita sudah mengetahui alasan dibalik fakta bahwa terdapat 22% responden berpendapat bahwa Dinuslib tidak berdampak untuk pengembangan prestasinya. Hal tersebut tentu saja harus diimbangi dengan mengetahui harapan responden terhadap Dinuslib. Berikut harapan-harapan yang disampaikan oleh responden :

  1. Dinuslib dapat menambah fasilitas pada ruang fisiknya.

Fasilitas dapat berupa ruang atau gedung, sarana dan prasarana yang menunjang aktivitas di ruang fisik Dinuslib, contohnya adalah luas ruangan Dinuslib yang dirasa pemustaka kurang memadai dan AC yang kurang maksimal. Fasilitas-fasilitas tersebut jelas mempengaruhi kenyamanan ketika pemustaka menggunakan ruang fisik Dinuslib.

2. Dinuslib dapat memaksimalkan branding.

Diketahui dari kuesioner ternyata ada pemustaka potensial yang belum mengenal Dinuslib dengan baik. Mereka belum mengetahui apa saja yang Dinuslib punya dan dapat dimanfaatkan. Oleh karena itu, pemustaka berharap agar Dinuslib dapat lebih menggencarkan branding.

3. Dinuslib menambah koleksi yang dimilikinya.

Pemustaka berharap koleksi Dinuslib semakin variatif atau banyak jenisnya. Sumber informasi tidak hanya berupa buku dan artikel jurnal, Dinuslib harus memahami dan dapat memenuhi kebutuhan akan jenis sumber informasi apa saja yang dapat digunakan oleh pemustaka.

4. Memaksimalkan website & repository yang dimiliki oleh Dinuslib.

Dinuslib sudah memiliki website & repository, hanya pemanfaatannya belum maksimal. Belum banyak pemustaka yang mengakses website Dinuslib padahal koleksi Dinuslib dapat dilihat dari website tersebut. Pemustaka berharap agar Dinuslib menggencarkan sosialisasi website dan memperbaiki repository.

5. Berperan aktif dalam memaksimalkan pembentukan budaya “Gemar Membaca”.

Pemustaka berharap agar Dinuslib mendukung program pemerintah yakni gerakan “Gemar Membaca” dengan membuat event atau kegiatan unik yang dapat merangsang minat membaca, minimal pemustaka Dinuslib sendiri.

6. Selalu up to date terhadap sumber informasi terbaru.
Dinuslib harus selalu mengikuti perkembangan zaman, baik dalam pengetahuan tentang informasi maupun sumbernya.

Harapan-harapan inilah yang Dinuslib gunakan untuk menyusun program kerja, baik jangka panjang, menengah, maupun jangka pendek agar apa yang Dinuslib lakukan selaras dengan kebutuhan dan keinginan pemustaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.