Perpustakaan Terkini : Pengembangan dan Inovasi pada Literasi Informasi

By: M Alfin Yunianto

Perpustakaan terkini merupakan salah satu tempat belajar yang lebih modern dan menarik, yang mampu menjadi sumber ilmu dan pengembangan kemampuan baca bagi Masyarakat. Namun, isu terkini perpustakaan tidak hanya berkaitan tentang pengelolaan dan pengembangan koleksi buku, serta mengenai pengembangan perpustakaan sebagai tempat belajar yang lebih efektif dan menarik. Perpustakaan yang adaptif dalam kemajuan teknologi, tetap harus menawarkan berbagai layanan informasi, seperti layanan referensi, katalog online, serta basis data. Dengan adanya pengadaan layanan informasi yang bersifat modern, maka menunjukkan bahwa perpustakaan yang ada masih menajdi sumber informasi penting di era digital sekarang ini.(Badruzzaman, 2023)

Perkembangan teknologi digital dalam memberikan informasi memiliki dampak yang besar terhadap literasi informasi. Teknologi digital diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam pemberian akses terhadap informasi, meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan informasi, serta memberika fasilitas dalam pembelajaran secara mandiri. Tujuan perpustakaan dalam pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan layanan literasi informasi bagi penggunanya, contohnya seperti penggunaan e-book dan e-journal. Pengaplikasian perpustaan digital nantinya diharapkan dapat mempermudah penggunanya untuk mengakses informasi kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke perpustakaan.

Banyaknya informasi yang ada dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi semakin sulit bagi pemakai dalam memperoleh informasi secara tepat dan mudah, dimana nantinya hal tersebut akan menjadi hal yang sangat dibutuhkan sebagaimana pustaka informasi atau pengelola informasi seperti perpustakaan mampu mengelola informasi dengan baik (Rejeki, 2020). Disamping itu, pengembangan koleksi bahan Pustaka memiliki peran yang sangat strategis dalam membentuk, menumbuhkembangkan daya tarik serta kesadaran bagi pengguna untuk meningkatkan literasi baca nya, yang mana hal tersebut tidak dapat dipisahkan dari adanya keberadaan dan ketersediaan bahan bacaan yang memadai. Penyajian informasi yang sudah diolah nantinya menjadi suatu kemasan dengan format yang berbeda dan menarik adalah suatu alasan yang mendasar untuk dilaksanakan untuk mempermudah penyebaran dan pengelolaan informasi. Dengan adanya pengemasan informasi, pengguna atau pemakai informasi dapat berhemat dari segi waktu, tenaga, dan biaya.

Dengan adanya perlindungan privasi pemustaka dan penggunaan informasi yang etis, menjadi kunci dalam menjaga integritas, keamanan, dan kepercayaan dalam lingkungan digital. Privasi dan etika memerankan peran yang krusial dalam penggunaan informasi di lingkungan perpustakaan, seperti adanya perlindungan dalam aspek hukum, hak cipta, privasi, keamanan informasi, dan etika penggunaan informasi menjadi focus utama dalam pengelolaan informasi. Hal ini menekankan bahwa betapa pentingnya perlindungan data pribadi pengguna dan kepatuhan terhadap regulasi privasi dalam pengelolaan informasi di perpustakaan. Privasi  dan etika juga terkait erat dengan akses terhadap informasi tanpa diskriminasi, perlindungan terhadap data pribadi, serta kewajiban untuk menghormati hak milik intelektual.(Nur’aini & Nasution, 2021)

Perpustakaan dalam melakukan inovasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada penggunanya. Dengan adanya inovasi ini nantinya diharapkan dapat membantu perpustakaan dalam mempertahankan ke-relevan-an nya di era yang semakin digital dan era teknologi sekarang ini. Implementasi inovasi juga mempunyai tantangan tersendiri yang perlu untuk diatasi dengan memberikan Solusi yang tepat, seperti adanya dukungan sumber daya, keterampilan dan pengetahuan, partisipan pengguna, komunikasi yang efektif, serta adanya infrastruktur teknologi yang memadai.(Piliang, 2015)

DAFTAR PUSTAKA

Badruzzaman, A. (2023). Inovasi Perpustakaan Untuk Peningkatan Literasi Informasi. Literasiana : Jurnal Literasi Informasi Perpustakaan, 1(1).

Nur’aini, N., & Nasution, L. H. (2021). Kode Etik Pustakawan dengan Pengguna di Dinas Perpustakaan dan  Arsip Kota Medan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 7(2). https://doi.org/10.14710/LENPUST.V7I2.35715

Piliang, M. (2015). PENGEMBANGAN DAN INOVASI UNTUK PENINGKATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN. Jurnal Iqra’, 09(02).

Rejeki, S. (2020). INOVASI DALAM PENGEMBANGAN KOLEKSI. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1).