KEMAMPUAN YANG DIBUTUHKAN KETIKA BELAJAR SECARA DARING

Di masa pandemi COVID-19 seperti ini, mayoritas Lembaga Pendidikan baik sekolah hingga universitas melakukan pembelajaran daring atau online (dilakukan secara jarak jauh), Anda mungkin harus belajar melalui ceramah dan seminar yang disiarkan langsung (live), melalui rekaman kuliah atau hanya berupa materi PDF atau PPT saja. Berikut ini adalah kemampuan yang diperlukan ketika belajar secara daring, misalnya melalui Zoom, Microsoft Teams, Google Meets, Cisco, Webex, atau platform lainnya.

MENYESUAIKAN MEDIA PEMBELAJARAN

Sesi pengajaran online secara Live

  • Berpartisipasilah yang aktif. Bertanya dan menjawab pertanyaan serta berbicara jika diperlukan. Keterlibatan kamu dapat membuat kamu dianggap sebagai mahasiswa aktif dan nilai keaktifan kamu juga akan baik.
  • Baca atau cari terlebih dahulu materi atau topik yang akan disampaikan pada hari itu, biasanya setiap dosen memberikan materi pre-view untuk dibaca dan ditanyakan ketika pembelajaran dimulai.
  • Jangan lupa membuat catatan! Membuat catatan ketika melakukan online meeting lebih baik daripada membuat catatan dari hasil rekaman dikarenakan bisa saja ada materi yang tertinggal.

Belajar melalui rekaman

  • Ketika memutar ulang rekaman, usahakan berada di tempat yang nyaman, tenang dan bebas gangguan agar materi yang disampaikan dapat masuk ke otak dan mudah kamu pahami.
  • Siapkan minuman atau makanan ringan dan istirahat! Buatlah dirimu senyaman mungkin. Menatap computer atau laptop dalam waktu yang lama dapat membuat mata tegang, jadi pastikan Anda beristirahat sejenak dari menatap layar dan melenturkan otot mata serta punggung.
  • Jangan lupa membuat catatan! Adanya catatan dapat mempermudah kalian untuk memahami materi dan tidak lupa dengan topik yang dibahas pada hari itu. Tidak ada aturan khusus dalam membuat catatan, jadi lakukan sesuai style atau kebiasaan masing-masing.

MANAJEMEN WAKTU

Time management atau manajemen waktu merupakan teknik yang diperlukan untuk memprioritaskan dan merencanakan waktu agar lebih efektif. Belajar secara online membutuhkan manajemen waktu yang baik, perhatikan tips berikut untuk mengendalikan waktu Anda. Ada beberapa prinsip dasar yang perlu kalian ketahui yaitu:

Pengelolaan

Waktu dapat terbuang sia-sia dan deadline juga dapat terlewatkan apabila anda tidak mengorganisirnya dengan baik. Berikut adalah dua cara untuk meningkatkan kemampuan mengorganisirmu:

  • Atur kegiatan Anda sehari-hari

Kamu akan kesulitan untuk mengatur waktu secara efektif tanpa adanya buku harian atau kalender. Gunakanlah book planner, booknote dan kalendar baik berbentuk tertulis maupun online.

  • Buatlah rencana mingguan (weekly planner)

Adanya rencana mingguan digunakan untuk memetakan kegiatan Anda selama seminggu, hal ini dapat membantu untuk mengalokasikan waktu untuk semua kegiatan yang perlu Anda selesaikan untuk memberikan gambaran realistis tentang berapa banyak waktu yang sebenarnya anda miliki. Masukkan semua kegiatan misalnya memasak, mengerjakan tugas, belanja, berolahraga, belajar, rapat, bersantai, bersosialisasi dll.

Prioritas

Tempatkan dan kerjakan terlebih dahulu hal-hal atau kegiatan yang perlu untuk diprioritaskan. Dalam hal memprioritaskan, dapat diputuskan dari berbagai hal. Misalnya dalam konteks mahasiswa maka kamu harus memprioritas segala hal yang berkaitan dengan universitas, pertimbangannya sebagai berikut:

  • Apakah pekerjaan/tugas tersebut dinilai?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakannya?
  • Seberapa mendesaknya (deadline)?
  • Apakah dengan mengerjakan perkerjaan/tugas tersebut dapat membuat pekerjaan lainnya menjadi mudah atau tidak terbebani.

Fokus

Ketika bekerja atau belajar dari rumah, kalian akan kesulitan untuk mencapai titik fokus dikarenakan ada sejumlah gangguan yag tidak biasa Anda hadapi ketika Anda mencoba untuk focus. Setelah Anda memutuskan apa yang akan Anda kerjakan dan untuk berapa lama, Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat fokus pada tugas yang ada, caranya adalah:

  • Menghindari media social.
  • Menciptakan lingkungan yang bebas dari gangguan (misalnya di kamar kost, café yang sepi, dll).
  • Pilih waktu yang tepat untuk belajar atau mengerjakan tugas (misalnya dua jam setelah bangun tidur atau pada malam hari).
  • Pecah tugas menjadi beberapa bagian untuk dikerjakan.

Displin terhadap diri sendiri dengan menghindari penundaan

Manajemen waktu yang baik bermuara pada displin diri. Tanpa hal ini, kamu akan rentan terhadap penundaan. Kedua hal berikut ini menggunakaan displin diri untuk mengalahkan sifat suka menunda:

  • Disiplin diri adalah tentang keseimbangan. Rencanakanlah kegiatan sehari-hari Anda. Tentukan waktu dimana Anda harus mengerjakan tugas, istirahat, dan bermain-main.
  • Berhati-hatilah terhadap penundaaan. Kegiatan menyibukkan diri terhadap hal-hal lain yang menarik perhatian dapat memunculkan sifat menunda. Oleh sebab itu, mengorganisir kegiatan dan waktu adalah suatu keharusan.

MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN

Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro menyediakan akses ke berbagai sumber daya digital yang dapat membantu Anda untuk menemukan sumber informasi yang kalian butuhkan. Misalnya e-book atau e-journal. Kalian dapat mengakses sumber informasi tersebut dimanapun dan kapanpun. Berikut ini adalah beberapa e-resources yang dilanggan oleh Perpustakaan Udinus.

Emerald Insight

Jika menggunakan koneksi kampus, klik link akses: https://www.emerald.com/insight/.

Akses diluar kampus, registrasi terlebih dahulu menggunakan: Nama, Email, dan DAN (619284456596716)

SpringerLink

Jika menggunakan koneksi kampus, klik link akses: https://link.springer.com/.

Akses diluar kampus, registrasi terlebih dahulu ke email: sekretariat@perpustakaan.dinus.ac.id

Proquest

Jika menggunakan koneksi kampus, klik link akses: search.proquest.com

  • Subyek Kesehatan

Username        : UDianNuswKes

Password         : FPPTIJatim@1

  • Subyek Ekonomi

Username        : UDianNusw

Password         : FPPTIJatim@1

GALE

  • Subyek Teknik

Kode akses      : https://link.gale.com/apps/SPJ/SP01?u=idfpptij

Password         : affirmative

  • Subyek Humaniora

Kode akses      : https://link.gale.com/apps/SPJ/SP02?u=fpptijwt

Password         : excellent

Selain berlangganan dengan keempat portal database journal tersebut, Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro juga berlangganan Turnitin sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk memeriksa tingkat plagiasi tugas Anda seperti skripsi, tugas akhir, atau esai. Caranya adalah dengan menghubungi pustakawan melalui email, chat by WA atau dm Instagram. Anda akan diberikan akses berupa class Id dan Enrollmen Key dan masuk melalui link: turnitin.com

Diadaptasi dari: Academic Skills (https://library.soton.ac.uk/sash)