Panduan Pinjam Buku

Siapa saja sih yang dapat meminjam koleksi di perpustakaan?

Mahasiswa aktif Universitas Dian Nuswantoro

Setiap mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif di kampus UDINUS atau yang memiliki Nomor Induk Mahasiswa (NIM), secara otomatis menjadi anggota Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro.

Dosen dan karyawan Universitas Dian Nuswantoro

Seluruh dosen dan karyawan di kampus UDINUS yang memiliki Nomor Pokok Pegawai (NPP), secara otomatis menjadi anggota Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro.

Perpustakaan memiliki beberapa jenis koleksi yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan sivitas akademika UDINUS. Apa saja koleksi tersebut? Ini dia jenis koleksinya:

  • Koleksi sirkulasi

Koleksi sirkulasi merupakan koleksi yang dapat dipinjam oleh mahasiswa dan sivitas akademika UDINUS untuk proses pembelajaran di perkuliahan dan juga untuk hiburan.

  • Koleksi tandon

Koleksi tandon merupakan koleksi yang tidak dapat dipinjamkan kepada mahasiswa dan sivitas akademika UDINUS. Koleksi ini hanya dapat dibaca atau dimanfaatkan di dalam ruang perpustakaan. Koleksi tandon merupakan salinan pertama atau terakhir dari judul koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan.

  • Koleksi referensi

Koleksi referensi merupakan koleksi yang tidak dapat dipinjamkan kepada mahasiswa dan sivitas akademika UDINUS. Koleksi ini hanya dapat digunakan dan dimanfaatkan di dalam ruang perpustakaan.

  • Koleksi majalah dan koran

Koleksi majalah dan koran merupakan koleksi yang tidak dapat dipinjamkan kepada mahasiswa dan sivitas akademika UDINUS. Koleksi ini hanya dapat digunakan dan dimanfaatkan di dalam ruang perpustakaan.

  • Koleksi jurnal tercetak

Koleksi jurnal tercetak merupakan koleksi yang tidak dapat dipinjamkan kepada mahasiswa dan sivitas akademika UDINUS. Koleksi ini hanya dapat digunakan dan dimanfaatkan di dalam ruang perpustakaan.

  • Koleksi tugas akhir, skripsi, dan tesis

Koleksi tugas akhir, skripsi dan tesis merupakan koleksi yang tidak dapat dipinjamkan kepada mahasiswa dan sivitas akademika UDINUS. Koleksi ini hanya dapat digunakan dan dimanfaatkan di dalam ruang perpustakaan.

Lalu, bagaimana cara meminjam koleksi sirkulasi (buku) di perpustakaan? Berikut langkah-langkah dalam meminjam koleksi sirkulasi di Perpustakaan UDINUS:

  1. Mahasiswa / dosen / karyawan (pemustaka) UDINUS melakukan pencarian buku menggunakan komputer OPAC (Open Public Access Catalogue) yang telah disediakan, pencarian berdasarkan judul, pengarang, subyek, ISBN buku yang ingin dicari;
  2. Setelah melakukan pencarian melalui komputer OPAC, pilih judul buku yang sesuai dengan apa yang dicari;
  3. Kemudian pemustaka melakukan pencarian buku ke bagian rak sesuai dengan lokasi yang tertera dalam hasil dari;
  4. Pemustaka membawa koleksi tersebut dan menunjukan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) atau NPP (Nomor Pokok Pegawai) bagi dosen dan karyawan UDINUS kepada pustakawan yang bertugas di loket pelayanan sirkulasi.
  5. Pustakawan akan memasukkan koleksi yang akan dipinjam ke dalam sistem, dan memberikan stempel tanggal kembali pada slip tanggal kembali di halaman terakhir koleksi.

Mudah kan teman-teman 🙂

Lalu bagaimana cara mengembalikan koleksi yang dipinjam? Berikut langkah-langkah dalam menggembalikan koleksi sirkulasi di Perpustakaan UDINUS:

  1. Bawa koleksi ke pustakawan yang bertugas di loket pelayanan sirkulasi;
  2. Pustakawan akan melakukan pengembalian buku melalui sistem dan secara otomatis buku telah dikembalikan ke perpustakaan.

Catatan: Menggembalikan buku ke perpustakaan harus melalui pustakawan. Pemustaka tidak diijinkan untuk mengembalikan buku yang telah dipinjam ke dalam rak semula.