Trik Dan Tips Agar Bebas Dari Plagiasi dalam Penelitian

Plagiasi merupakan suatu tindakan kecurangan yang sering terjadi ketika dalam melakukan kegiatan peneliti, banyak alas an dalam melakukan kegiatan plagiasi seperti keterbukaan informasi, dimana saat ini informasi dapat dimanfaatkan oleh pengguna dengan mudah dan cepat sehingga kemudahaan ini disalah gunakan oleh pelaku plagiasi yang diterapkan dalam mekanisme penelitian. Selain itu rasa malas dan keterbatasan waktu pelaku peneliti mengakibatkan munculnya tindakan kecurangan dalam melakukan penelitian tanpa memikirkan permasalahan yang akan di hadapi dan masih banyak lagi. Plagiasi sangat membahayakan bagi si peneliti, ada beberapa bahanyanya plagiasi diantaranya adalah:

  1. Tersandung kasus hukum
  2. Pencabutan gelar
  3. Pembatalan ijazah

Berikut merupakan tips dan trik agar tidak terkena plagiasi:

  1. Percaya diri
  2. Susun rencana penelitian
  3. Buat ide maupun gagasan pokok penelitian yang kekinian, aktual dan kredibel
  4. Kumpulkan referensi terpercaya
  5. Tuliskan sumber referensi dengan benar
  6. Memanfaatkan software/aplikasi/web anti plagiasi seperti turnitin, DupliChecker, Copyscape, dll dengan tujuan untuk mencegah dan mengantisipasi tingkat kemiripan artikel yang kita ambil
  7. Melakukan paraphrase
  8. Hindari kutipan dengan kata baku (kutipan langsung) dengan jumlah yang banyak, seperti UUD 1945, peraturan pemerintah, nama jalan dan segainya.